Komite Audit

Komite Audit


Komite Audit dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri BUMN No. PER-12/MBU/2012 Tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris/ Dewan Pengawas BUMN dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 55/POJK.04/2015 Tentang Pembentukan Dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit.


Komite Audit merupakan organ Dewan Komisaris yang memiliki tugas untuk membantu Dewan Komisaris terkait tugas pengawasan atas proses pelaporan keuangan, sistem pengendalian internal, proses audit (internal dan eksternal) dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta tugas lainnya yang berkaitan. Secara keseluruhan lingkup pekerjaan serta tugas dan tanggung jawab Komite Audit diatur dalam Piagam ( charter) Komite Audit yang ditetapkan berdasarkan keputusan Dewan Komisaris yang akan dievaluasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan meyakinkan kesesuaian dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan peraturan lainnya yang berlaku.


Pada tanggal 2 September 2020, Dewan Komisaris Perseroan dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor KEP-64/KOM-KS/IX/2020 tentang Perubahan Susunan Keanggotaan Komite Audit, menetapkan susunan keanggotaan Komite Audit yang baru, sehingga susunan Komite Audit Tahun Buku 2020 menjadi sebagai berikut:


KETUA KOMITE AUDIT

Nana Rohana


Diangkat sebagai Komisaris Independen pada RUPST Tahun Buku 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2017. Hingga saat ini menjabat sebagai Ketua Komite Audit di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Memperoleh Pendidikan AKABRI-DARAT (1984) dengan pangkat terakhir sebagai Mayor Jenderal pada jabatan Staf Ahli Bidang Hankam Setjen Wantannas (Juni 2016). Beliau juga memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Krisnadwipayana pada tahun 1996.


WAKIL KETUA KOMITE AUDIT

David Pajung


Diangkat sebagai Komisaris Independen pada RUPST Tahun Buku 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2020, serta menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Audit. Memperoleh gelar sarjana S1 dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin – Makassar, kemudian melanjutkan S2 Jurusan Pengembangan Wilayah dan Perkotaan di Universitas Indonesia. Beliau memiliki latar belakang keahlian di bidang arsitek, kontruksi, dan manajemen proyek.


ANGGOTA

Rallyati A. Wibowo


Lahir di Jakarta pada 22 Februari 1960. Saat ini masih menjabat sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan anggota Komite Audit Universitas Indonesia. Lulusan Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia (1985), kemudian melanjutkan hingga jenjang S2 dengan bidang Magister Akuntansi di Universitas Indonesia (2010). Sertifikasi profesi yang dimilikinya antara lain adalah Chartered Accountant (CA), Certification in Audit Committee Practices (CACP), dan Register Negara Akuntan (RNA).


Hotman Napitupulu


Lahir di Porsea, 6 Maret 1956. Lulusan Sarjana Akuntansi Universitas Sumatera Utara (1982), kemudian melanjutkan hingga jenjang S2 dengan bidang Master of Business Administration di The University of Hull Inggris. Sertifikasi yang dimiliki antara lain adalah Akuntan dengan register Negara No. RNA 3312 (Kementerian Keuangan Republik Indonesia) dan Akuntan Profesional No. 11.D2773 (Ikatan Akuntan Indonesia). Beliau juga memiliki pengalaman sebagai Direktur Pengawasan Industri dan Distribusi di BPKP (2015-Maret 2016)