Tanggung Jawab lingkungan

Tanggung Jawab Lingkungan

P_42-PT-KS-tentang-Kerja-Bakti-Di-Ciwandan-1-1.jpgPerseroan sangat menyadari perannya dalam menyokong pelestarian alam dan kehidupan di dalamnya. Menjaga keseimbangan alam, bagi Perseroan juga berarti menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan Perseroan. Sebagai industri baja nusantara yang mengolah bahan baku dari sumber daya alam, Perseroan berniat dan berkiprah dalam merawat lingkungan. Tidak hanya menata industrinya agar ramah lingkungan, Perseroan juga berperan serta dalam berbagai kegiatan lingkungan.

Perseroan memasukkan semua unsur lingkungan dalam Standard Operational Procedure (SOP), Quality Objective maupun Program Produksi Bersih atau 5R. Perusahaan dalam mengelola bahan baku, sarana penunjang dan sumber daya berpegang pada prinsip nir-limbah (zero waste). Setiap sisa produksi diperlakukan secara by product dan dikelola secara reduce, reuse, recycle. Semua proses produksi yang menghamburkan gas buang atau emisi udara telah dilengkapi dengan pengendalian pencemaran udara. Pemanfaatan limbah sisa panas yang dominan di industri baja misalnya, memakai sarana pemanfaatan panas gas buang. Untuk memangkas emisi karbon yang bisa menyebabkan pemanasan global. Untuk dapat mengelola Program Produksi Bersih ini, Perseroan menuangkan komitmennya melalui pengelolaan secara khusus oleh Divisi Health, Safety and Environment (HSE).

Selain itu, perwujudan komitmen lingkungan di atas juga dilakukan melalui kegiatan “One Man One Tree”, yaitu kegiatan penghijauan pantai dengan penanaman pohon bakau yang melibatkan murid-murid sekolah, masyarakat, pengurus dan jamaah masjid dalam program penanaman pohon penghijauan di lingkungan sekitar Perseroan.

Perseroan juga aktif dalam penilaian Green Industry yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian, maupun Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Kegiatan Perseroan dalam rangka pengelolaan lingkungan meliputi Program Kelola Lingkungan, yang terdiri dari pengendalian pencemaran udara, air, pengelolaan limbah B-3 dan Non B-3, penghijauan, konservasi laut, dan konsep zero waste.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Komitmen Perseroan untuk bertanggung jawab terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilaksanakan melalui berbagai program yang dikelola oleh Divisi Health, Safety and Environment (HSE). Perseroan secara konsisten dan sungguh-sungguh melaksanakan peraturan dan ketentuan, termasuk yang diatur dalam Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14000) maupun Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3).

Pada tahun 2014, Perseroan telah melakukan revisi kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai berikut:

Menggalakkan perlindungan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja serta memenuhi peraturan dan perundangan yang berlaku dan perbaikan berkelanjutan.

  1. Mengelola limbah, emisi dan sumber daya untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan.
  2. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman dengan mengupayakan metode pencegahan terhadap kecelakaan dan gangguan kesehatan kerja.
  3. Meningkatkan kepedulian, pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bidang lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja antara lain melalui publikasi, sosialisasi dan pelatihan.