Program Kemitraan

waringinkurung.JPG Selama periode 1 Januari sd 31 Desember 2014, Perseroan telah membina sebanyak 1.010 mitra binaan yang tersebar di Propinsi Banten dan Jawa Barat. Dana yang disalurkan total sebesar Rp18,63 milyar tersebar di beberapa sektor usaha yaitu industri, perdagangan, peternakan, pertanian, jasa, perikanan dan sektor lainnya termasuk untuk dana pembinaan.

Sektor usaha yang paling banyak digeluti mitra binaan adalah perdagangan, yaitu sebanyak 855 mitra binaan, selanjutnya sektor industri sebanyak 90 mitra binaan, diikuti sektor jasa sebanyak 46 mitra binaan dan sektor lainnya sebanyak 19 mitra binaan.

Penyaluran dana tidak hanya untuk tambahan modal usaha mitra binaan saja, tetapi juga untuk pembinaan berupa pelatihan dan pameran, dengan dana sebesar Rp455 juta. Strategi yang dilakukan dalam penyaluran dana kemitraan ini adalah: penyaluran langsung oleh Divisi Community Development, kerjasama penyaluran dengan Pemerintah Kota Cilegon melalui BPMKP (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangan) melalui UPT-PEM (Unit Pelaksana Teknis- Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), dan kerjasama dengan Lembaga Keuangan Mikro berupa koperasi-koperasi dan BMT.

Kegiatan Program Kemitraan difokuskan pada pelaksanaan tanggung jawab di bidang ekonomi yaitu pro Growth dan Pro Job. Dana Program Kemitraan yang disalurkan oleh Perusahaan kepada usaha kecil pada tahun 2015, mengalami kenaikan 13% dibanding penyaluran tahun 2014 atau sebesar Rp. 21,10 milyar berupa pinjaman untuk menambah permodalan Usaha kecil sebesar Rp. 20,49 milyar, dan bantuan hibah untuk mitra binaan dalam rangka pelatihan dan promosi/pameran sebesar Rp. 608 Juta.

program

Pinjaman yang disalurkan kepada Usaha Kecil meliputi sektor :

  1. Sektor Industri 65 Usaha Kecil senilai Rp. 1,31 milyar
  2. Sektor Perdagangan 884 Usaha Kecil senilai Rp. 18,69 milyar
  3. Sektor Pertanian 3 Usaha Kecil senilai Rp. 46 Juta
  4. Sektor Peternakan 3 Usaha Kecil senilai Rp. 34 Juta
  5. Sektor Jasa 27 Usaha Kecil senilai Rp. 411 Juta

Selain penyaluran dana pinjaman, Usaha Kecil juga diberikan penyaluran dana hibah dalam rangka pelatihan kewirausahaan & laporan keuangan dan promosi/pameran.

Strategi yang dilakukan dalam penyaluran dana kemitraan iadalah sebagai berikut :

  1. Penyaluran langsung oleh Divisi Community Development
  2. Penyaluran bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cilegon melalui UPT-PEM (Unit Pelaksana Teknis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), dan kerjasama dengan Lembaga Keuangan Mikro.