Seiring dengan semangat menuju perubahan yang nyata untuk meningkatkan kinerja perusahaan, serta menumbuhkan profesionalisme seluruh jajaran PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, kami sangat berkomitmen kepada pembangunan Budaya Perusahaan.

Budaya Perusahaan yang berisi kepercayaan, prinsip-prinsip, nilai-nilai yang menjadi dasar dan referensi sistem manajemen perusahaan serta perilaku karyawan dalam bekerja, diyakini mampu untuk mendorong percepatan ke arah perubahan yang lebih baik.

Guna mendukung Visi sebagai Perusahaan baja terpadu dengan keunggulan kompetitif untuk tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan menjadi perusahaan terkemuka di dunia, kami melakukan reformulasi nilai budaya perusahaan yang baru. Nilai Budaya Perusahaan kami adalah:

  • Competence
    Mencerminkan kepercayaan akan kemampuan diri serta semangat untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, keahlian, dan sikap mental demi peningkatan kinerja yang berkesinambungan.
  • Integrity
    Mencerminkan komitmen yang tinggi terhadap setiap kesepakatan, aturan dan  ketentuan serta undang-undang yang berlaku, melalui loyalitas profesi dalam memperjuangkan kepentingan perusahaan.
  • Reliable
    Mencerminkan kesiapan, kecepatan dan tanggap dalam merespon komitmen dan janji, dengan mensinergikan berbagai kemampuan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.
  • Innovative
    Mencerminkan kemauan dan kemampuan untuk  menciptakan gagasan baru dan implementasi yang  lebih baik dalam  memperbaiki kualitas proses dan hasil  kerja di atas standar.

Nilai-nilai budaya inilah yang senantiasa menjadi pedoman bertindak dan berperilaku seluruh jajaran manajamen dan karyawan, dalam rangka membangun kohesivitas di perusahaan.


C I R I:  Sebuah Rangkaian Nilai-Nilai
Competence, Integrity, Reliable, Innovation merupakan kesatuan nilai yang utuh dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Competence dan Integrity menjadi modal dasar setiap insan Krakatau untuk dapat berkarya dan berprestasi dalam mewujudkan perusahaan yang profitable, growth dan sustainable.

Dengan nilai Competence menunjukkan bahwa perusahaan didukung oleh Sumber Daya Manusia yang unggul dan ditunjang sistem management dan teknologi yang handal, menjadi ciri keunggulan kompetitif untuk bersaing di arena global. Karyawan dituntut melakukan sejumlah peningkatan dan pengembangan kemampuan terbaiknya dalam upaya memaksimalkan kontribusi positif kepada perusahaan. Kemampuan yang senantiasa dikembangkan diperlukan untuk menjalankan dan menyelesaikan tugas yang diberikan, yang pada gilirannya mampu menjadikan diri setiap karyawan sebagai insan baja yang competent, siap menghadapi tantangan dan peluang ke depan.

Selain pembekalan dari sisi kemampuan dan keahlian yang sesuai, karyawan perlu memiliki Integrity, berupa komitmen terhadap kesepakatan, peraturan, serta undang-undang yang berlaku. Karyawan yang memiliki integritas akan selalu mewujudkan seluruh komitmen ini melalui perilaku yang konsisten dengan ucapan serta janji.  Hal ini hanya dapat dicapai melalui keikhlasan yang tulus dari dalam diri setiap karyawan untuk benar-benar mewujudkannya.

Kombinasi Competence dan Integrity mampu menyempurnakan profil individu setiap karyawan, dengan bersatunya dua unsur yaitu  kemampuan dalam menguasai teknologi dengan dilandasi moral  positif yang selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip dan etika yang berlaku.
Ketika bekal competence dan integrity yang dimiliki setiap individu diimplementasikan secara efektif dalam organisasi maka akan memunculkan kapabilitas organisasi yang mampu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Perusahaan yang ditunjang oleh sumber daya handal mampu untuk merespon setiap permintaan pasar dan konsumen secara meyakinkan. Produk berkualitas, pelayanan yang cepat dan tepat, serta harga yang cukup bersaing merupakan perwujudan akan janji perusahaan. Hal ini merupakan cerminan perusahaan yang Reliable.

Prestasi demi prestasi yang telah diraih akan senantiasa mampu ditingkatkan jika karyawan selalu berfikir dan berinovasi untuk memperbaiki cara-cara kerja yang ada. Karyawan dalam bekerja dituntut untuk selalu memperhatikan sekecil apapun peluang suatu perubahan. Innovative menjadi sifat yang harus dimiliki setiap karyawan dan menjadi modal untuk terus memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Makna Gambar Value

Competence disimbolkan dengan gambar Pohon Kelapa dan Warna Merah.
Pohon Kelapa memiliki manfaat yang menyeluruh, mulai dari tunas mudanya, hingga dahan, daun, buah, maupun airnya. Keberadaannya memberikan naungan yang menyejukkan. Pohon kelapa dapat tumbuh kokoh bahkan ditanah berpasir (lambang kemampuan & keahlian).
Merah merupakan warna yang menantang, merepresentasikan berbagai bentuk emosi yang ingin disampaikan. Secara umum, merah merupakan simbol dari power, keberanian, kesuksesan, kemenangan.

Integrity
 disimbolkan dengan gambar Lebah dan Warna Biru Tua.
Lebah dikenal sebagai pekerja keras yang memiliki ketekunan, loyalitas tinggi terhadap tugasnya. Demi menghasilkan madu seberat 0,5 kg madu, lebah harus mengumpulkan nektar dari sekitar 4 juta kuntum bunga. Madu memberikan manfaat yang banyak bagi manusia.
Warna Biru Tua memberikan makna integritas, bijaksana, kesetiaan, menyampaikan Trust and Truthfulness (dapat dipercaya dan merefleksikan kebenaran).

Reliable disimbolkan dengan gambar Kuda dan Warna Hitam.
Kuda senantiasa identik dengan kesiapan, kecepatan dan kemampuan yang tinggi dalam merespons, ketangguhan dan simbol kejayaan, dapat untuk diandalkan.
Warna Hitam merupakan salah satu warna Logo yang memiliki makna kejujuran (dapat dipercaya) dan kedamaian.

Innovative
 disimbolkan dengan gambar Cakrawala dan Warna Silver / Abu-abu.
Cakrawala yang luas dan sinar mentari memberikan inspirasi dan harapan, mendorong gagasan baru untuk berkreasi menyongsong masa depan yang gemilang.
Silver / abu-abu adalah warna netral, keseimbangan antara hitam dan putih. Tidak menstrimulir emosi, dan merupakan warna yang mencerminkan kemajuan, teknologi dan tergolong sophisticated. Warna silver juga membantu untuk menanamkan asosiasi yang kuat bahwa PT Krakatau Steel (Persero) Tbk sebagai perusahaan baja terkemuka.